Thursday, December 15, 2011

Hukum Pakaian Ketat Bagi Wanita

Hukum Pakaian Ketat Bagi Wanita Dihadapan Mahram

S : Apa hukum memakai baju ketat bagi wanita di hadapan mahramnya ?
J : Mengenakan baju ketat yang memperlihatkan lekuk-lekuk tubuh dan menimbulkan fitnah itu haram hukumnya. Karena nabi bersabda :


Ada dua golongan dari penduduk Neraka yang keduanya belum pernah aku lihat, pertama: satu kaum yang memiliki cemeti-cemeti seperti ekor sapi yang dengannya mereka memukul manusia. Kedua: para wanita yang berpakaian tapi telanjang, mereka menyimpangkan lagi menyelewengkan orang dari kebenaran. Kepala-kepala mereka seperti punuk unta yang miring/condong…
dst.

Telah di tafsirkan makna berpakaian tapi telanjang yaitu mengenakan pakaian yang kecil yang tidak menutupi bagian-bagian yang wajib di tutupi dari aurat, dan ada penafsiran lain yaitu mereka mengenakan pakaian yang tipis sehingga terlihat apa yang di balik pakaian tersebut. Dan ditafsirkan juga bahwasanya mereka mengenakan pakaian sempit yang menutup auratnya dari pandanagn orang, akan tetapi terlihat lekuk-lekuk tubuhnya.
Oleh karena itu dilarang bagi wanita mengenakan pakaian yang ketat kecuali di hadapan orang yang boleh melihat auratnya, yaitu suami mereka. Maka sesungguhnya tidak ada aurat antara suami dan istri. 

Berdasarkan firman Allah ta’ala :

dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.” (QS. Al Mu’minun : 5-6)
Dan Aisyah Radhiyallahu ‘anha berkata:

Aku dan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mandi dari satu bejana. Tangan kami bergantian menciduk air di dalam bejana tersebut. Sedangkan baju ketat tidak boleh dipakai di depan mahramnya ataupun di depan wanita lain, jika pakaian itu terlalu ketat sehingga terlihat semua lekuk tubuhnya. ( Fatwa Syaikh Ibnu Utsaimin )

Tuesday, December 13, 2011

Sahabatku :* kapan ketemu lagi?

Alhamdulillahirobbil alamin :*


Wallahua'lam, Subhannallah :$
Aku bener-bener seneng hari ini. Hari yang aku tunggu-tunggu banget.
Hari yang gak mau aku lewati sedetikpun, hari dimana aku ketemu dia,  dia yang slalu di hati, dia yang aku sayang. .

Hari ini 10122011, sekitar pukul 17.10 Alloh pertemukan kami, takdirlah yang pertemukan kami. Sekian lama aku rindukan, sekian lama aku pikirkan kapan bisa bertemu, ternyata Alloh tunjukkan semuanya dan Alloh lah yang nunjukin jalannya.
Subhanallah rasanya tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Pokoknya seneng, seneeng, seneeeng banget nget nget!
Seperti pertama kali ketemu saudara ku Salsa, bener-bener menyenangkan.


Oke lanjut aja aku critain gimana critanya mulai awal sampe akhir :D

Hari ini sebenernya aku ada satu acara bersama dengan ke-24 temen-temen yaitu Erlina, Annis, Dini, Hardika, Ranindita, Annisa, Oca, Arin, Ibnu, Anton, Aden, Alfanni, Amel, Kurnia, Fajar, Dicki, Dhaneswara(Raka), Rio(kopi), Dio(pondok), Grendhys(ijo), Yunus, Farich, dan Ehans yang sebagian lagi PSG di Surabaya dan Malang (bergabung) ikut seminar IT di Universitas Ma Chung, Malang.
Dengan tema "Secure and Efficient Computing". Pembicaranya Bapak IT Indonesia (Onno W Purbo) dengan materi Cloud Computing, dan Pak Arif Wicaksono dengan materi Hacking.
Mulai dari jam 8 pagi - jam  3 sore. beuuhhhh capek. ngantuk juga :O

*ini sebagian foto-foto kami di Universitas MaChung, Malang*





Setelah acara selesai, sebenernya anak-anak ada rencana maen ke Batu mumpung lagi ngumpul bareng, tapi aku gak jadi ikut setelah aku pikir-pikir. Takutnya ntar pulang kemaleman, apalagi ini hari sabtu (malem minggu) pasti rame banget plus kalo pulang pasti macet. Gak jadi deeeh.

Eeh ternyata ada hikmahnya juga aku gak ikut ke Batu. kenapa oh kenapa?
Bentar aku lanjutin dulu, setelah gak jadi ikut ke Batu, aku, erlina, annis nganterin Dini ke terminal Arjosari. Dia mau balik ke rumahnya di Sumber Pucung.
Akhirnya setelah sampe terminal dan nungguin Dini sampe dapet bis ke tujuannya, kita ber-3 pulang, tapi sebelum pulang aku ngajak anak-anak jalan-jalan ke MOG (Malang Olimpic Garden) bentar skalian nyari bros. Setelah beli bros yang aku pengen, kita lanjut jalan-jalan liyat-liyat kali aja pengen sesuatu yang lain.

Pas di lantai 2 gak sengaja waktu jalan, aku papasan sama orang yang sebenernya wajahnya gak asing buatku.
"kayaknya aku kenal cewek ini, bentar-bentar, bener gak sih?" aku bertanya-tanya dalam hati. "kok ni cewek kayak gea? apa bener gea? gea bukan sih? kayaknya sih iya, tapi kalo salah lihat?" dalam hatiku.
Oke aku coba buat telpon dia. Alhamdulillah diangkat. Biasanya susah banget ngangkat telponnya tuh anak kalo aku telpon.
Setelah aku tanya ternyata bener dia juga lagi di MOG nemenin saudaranya beli laptop.

Yeeahh brarti aku gak salah lihat. Yess akhirnya! Akhirnya aku bisa ketemu dia. Yess!!

Setelah ngasih tau dimana lokasi nya dia, aku nyari tuh tempat. Akhirnya ketemu dan betapa senengnya pas waktu pertama kali ngliat dia secara langsung, live (kayak di tipi-tipi) :D #halah
Di depan sebuah toko Tunas Abadi, lantai 3 MOG.
Yaah dia! Gea Sona Irmalia. Temen les SMP (di Primagama) yang sebenernya gak lama aku kenal, tapi aku udah sayang banget sama dia. Dia begitu baik, manis, sabar banget ngadepin aku yang agak maksa-an, slalu ngasih support pas aku lagi down, pokoknya semuanya.
Sama seperti saudara ku Salsa. Aku juga sayang banget sama dia. .






*dari kiri, Gea dan Salsa*


Jujur aku langsung gugup saat belum ketemu dia. Tangan ku dingin boss! Beneran! detak jantung lebih cepat, aliran darah lebih deras, hati nyut-nyutan #halah lebay .

Haha pokoknya aku seneng banget Alloh pertemukan kami. Walaupun cuman beberapa menit karna dia harus nganterin saudaranya itu.
Dan kita sama-sama pamit, aku pulang, dia lanjutin perjalanannya.
dan. . dan. . AKU BENER-BENER PENGEN HENTI-IN WAKTU BUAT BISA SAMA DIA TERUS, KARNA AKU KANGEN BANGET SAMA DIA, SAYANG BANGET, SEMUANYA WES POKOKNYA.
Gimana gak kangen, udah kurang lebih 3 tahunan gak ketemu dia abis les di Primagama Turen itu. Setelah itu udah gak pernah ketemu. Eeh sekarang bisa tiba-tiba ketemu :)


Yess! gak akan aku lupain hari ini #iLoveThisDay forever!
Repeat again!! I really want!

Thursday, December 8, 2011

40 Keistimewaan Wanita Menurut Islam

  1. Wanita yang solehah (baik) itu lebih baik daripada 70 orang pria yang soleh.
  2. Barang siapa yang menggembirakan anak perempuannya, derajatnya seumpama orang yang sentiasa menangis kerana takutkan Allah S.W.T. dan orang yang takutkan Allah S.W.T. akan diharamkan api neraka ke atas tubuhnya.
  3. Barang siapa yang membawa hadiah (barang makanan dari pasar ke rumah) lalu diberikan kepada keluarganya, maka pahalanya seperti bersedekah.
  4. Hendaklah mendahulukan anak perempuan daripada anak pria. Maka barang siapa yang menyukakan anak perempuan seolah- olah dia memerdekakan anak Nabi Ismail A.S.
  5. Wanita yang tinggal bersama anak-anaknya akan tinggal bersama aku (Rasulullah S.A.W.) di dalam syurga.
  6. Barang siapa mempunyai tiga anak perempuan atau tiga saudara perempuan atau dua anak perempuan atau dua saudara perempuan, lalu dia bersikap ihsan dalam pergaulan dengan mereka dan mendidik mereka dengan penuh rasa takwa serta bertanggungjawab, maka baginya adalah syurga.
  7. Daripada Aisyah r.a. “Barang siapa yang diuji dengan se Suatu daripada anak-anak perempuannya, lalu dia berbuat baik kepada mereka, maka mereka akan menjadi penghalang baginya daripada api neraka.
  8. Syurga itu di bawah telapak kaki ibu.
  9. Apabila memanggil akan engkau dua orang ibu bapamu, maka jawablah panggilan ibumu dahulu.
  10. Wanita yang taat berkhidmat kepada suaminya akan tertutup pintu-pintu neraka dan terbuka pintu-pintu syurga. Masuklah dari mana-mana pintu yang dia kehendaki dengan tidak dihisab.
  11. Wanita yang taat akan suaminya, semua ikan-ikan di laut, burung di udara, malaikat di langit, matahari dan bulan, semuanya beristighfar baginya selama mana dia taat kepada suaminya dan direkannya (serta menjaga sembahyang dan puasanya).
  12. Aisyah r.a. berkata “Aku bertanya kepada Rasulullah S.A.W., siapakah yang lebih besar haknya terhadap wanita? Jawab baginda, “Suaminya.” “Siapa pula berhak terhadap pria?” tanya Aisyah kembali, Jawab Rasulullah S.A.W. “Ibunya.”
  13. Perempuan apabila sembahyang lima waktu, puasa bulan Ramadan, memelihara kehormatannya serta taat akan suaminya, masuklah dia dari pintu syurga mana sahaja yang dia kehendaki.
  14. Tiap perempuan yang menolong suaminya dalam urusan agama, maka Allah S.W.T. memasukkan dia ke dalam syurga lebih dahulu daripada suaminya (10,000 tahun).
  15. Apabila seseorang perempuan mengandung janin dalam rahimnya, maka beristighfarlah para malaikat untuknya. Allah S.W.T. menatatkan baginya setiap hari dengan 1,000 kebaikan dan menghapuskan darinya 1,000 kejahatan.
  16. Apabila seseorang perempuan mulai sakit hendak bersalin, maka Allah S.W.T. mencatatkan baginya pahala orang yang berjihad pada jalan Allah S.W.T.
  17. Apabila seseorang perempuan melahirkan anak, keluarlah dia daripada dosa-dosa seperti keadaan ibunya melahirkannya.
  18. Apabila telah lahir (anak) lalu disusui, maka bagi ibu itu setiap satu tegukan daripada susunya diberi satu kebajikan.
  19. Apabila semalaman (ibu) tidak tidur dan memelihara anaknya yang sakit, maka Allah S.W.T. memberinya pahala seperti memerdekakan 70 orang hamba dengan ikhlas untuk membela agama Allah S.W.T.
  20. Seorang wanita solehah adalah lebih baik daripada 70 orang wali.
  21. Seorang wanita yang jahat adalah lebih buruk dari pada 1,000 pria yang jahat.
  22. Rakaat solat dari wanita yang hamil adalah lebih baik daripada 80 rakaat solat wanita yang tidak hamil.
  23. Wanita yang memberi minum air susu ibu (asi) kepada anaknya daripada badannya (susu badannya sendiri) akan dapat satu pahala dari pada tiap-tiap titik susu yang diberikannya.
  24. Wanita yang melayani dengan baik suami yang pulang ke rumah di dalam keadaan letih akan mendapat pahala jihad
  25. Wanita yang melihat suaminya dengan kasih sayang dan suami yang melihat isterinya dengan kasih sayang akan dipandang Allah dengan penuh rahmat.
  26. Wanita yang menyebabkan suaminya keluar dan berjuang ke jalan Allah dan kemudian menjaga adab rumah tangganya akan masuk syurga 500 tahun lebih awal daripada suaminya, akan menjadi ketua 70,000 malaikat dan bidadari dan wanita itu akan dimandikan di dalam syurga, dan menunggu suaminya dengan menunggang kuda yang dibuat daripada yakut.
  27. Wanita yang tidak cukup tidur pada malam hari kerana menjaga anak yang sakit akan diampunkan oleh Allah akan seluruh dosanya dan bila dia hiburkan hati anaknya Allah memberi 12 tahun pahala ibadat.
  28. Wanita yang memerah susu binatang dengan “bismillah” akan didoakan oleh binatang itu dengan doa keberkatan.
  29. Wanita yang menguli tepung gandum dengan “bismillah”, Allah akan berkatkan rezekinya.
  30. Wanita yang menyapu lantai dengan berzikir akan mendapat pahala seperti meyapu lantai di baitullah.
  31. Wanita yang hamil akan dapat pahala berpuasa pada siang hari.
  32. Wanita yang hamil akan dapat pahala beribadat pada malam hari.
  33. Wanita yang bersalin akan mendapat pahala 70 tahun solat dan puasa dan setiap kesakitan pada satu uratnya Allah mengurniakan satu pahala haji.
  34. Sekiranya wanita mati dalam masa 40 hari selepas bersalin, dia akan dikira sebagai mati syahid.
  35. Jika wanita melayani suami tanpa khianat akan mendapat pahala 12 tahun solat.
  36. Jika wanita menyusui anaknya sampai cukup tempo(2½ thn),maka malaikat-malaikat dilangit akan khabarkan berita bahwa syurga wajib baginya. Jika wanita memberi susu badannya kepada anaknya yang menangis, Allah akan memberi pahala satu tahun solat dan puasa.
  37. Jika wanita memicit/mijat suami tanpa disuruh akan mendapat pahala 7 tola emas dan jika wanita memicit suami bila disuruh akan mendapat pahala 7 tola perak.
  38. Wanita yang meninggal dunia dengan keredhaan suaminya akan memasuki syurga.
  39. Jika suami mengajarkan isterinya satu masalah akan mendapat pahala 80 tahun ibadat.
  40. Semua orang akan dipanggil untuk melihat wajah Allah di akhirat, tetapi Allah akan datang sendiri kepada wanita yang memberati auratnya yaitu memakai purdah di dunia ini dengan istiqamah.

    cc : http://ceritateladan.com

      Jangan Takut Makan Cokelat!


      Banyak iklan cokelat menampilkan model cantik dengan tubuh yang langsing. Hal itu justru membuat orang takut makan cokelat. Karena mereka takut gendut.Tetapi, benarkah cokelat bikin tubuh melar?

      Para peneliti di University of Strathclyde di Glasgow mengamati 84 responden wanita berusia 17 tahun. Penelitian dibagi menjadi tiga grup dimana sekitar 63 responden diminta untuk makan cokelat. Kemudian dicek apakah mereka akan merasa bersalah atau tidak setelah memakannya.

      Pada penelitian ini ditampilkan iklan cokelat dengan model bertubuh ramping dan hasilnya mereka merasa bersalah dan takut untuk makan cokelat. Sedangkan saat di tampilkan iklan cokelat dengan model iklan bertubuh gemuk, mereka tidak merasa bersalah untuk memakannya dan ingin memanjakan diri dengan makan cokelat.

      Dalam jurnal Appetite, pada penelitian sebelumnya mengatakan “Seringkali pada iklan cokelat menampilkan model perempuan bertubuh ideal, sepertinya pembuat iklan berusaha menyampaikan pesan bagaimana makanan ini dapat meningkatkan daya tarik fisik.”

      Juga dikatakan, “Pada penelitian kami mengindikasikan penggunaan model bertubuh ramping bertujuan untuk menghindari rasa bersalah saat makan cokelat”. Inilah lima alasan kenapa rasa bersalah untuk makan cokelat harus dihindari:

      Menurunkan Tekanan Darah
      Makan dark chocolate (tanpa gula) dapat membantu mengendalikan gula darah dan tekanan darah. Berdasarkan penelitian di Italia, orang yang makan 100 gram dark chocolate setiap hari selama 15 hari dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu juga ditemukan bahwa dark chocolate dapat menambah sistem kekebalan tubuh.

      Cokelat Mengandung Antioksidan
      Cokelat mengandung antioksidan, yang dapat melindungi tubuh dari stres lingkungan. Pada kenyataannya makanan yang manis justru mengandung lebih banyak antioksidan. Blueberry dan teh hijau merupakan contoh bahan makanan lain yang mengandung antioksidan.

      Kaya Akan Mineral
      Cokelat kaya akan magnesium, yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit kronis, seperti hipertensi, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Selain itu juga mengandung zat besi dan potasium, yang dapat mengurangi resiko tekanan darah dan stroke.

      Rendah GI
      GI merupakan Glycemic Index yang menyatakan besarnya pengaruh karbohidrat yang terdapat dalam makanan. Kadar karbohidrat dalam cokelat sering disamakan dengan kue basah atau kue kering. Sebenarnya dark chocoalate memiliki GI yang rendah sehingga gula darah tidak akan melonjak setelah memakannya.

      Meningkatkan Suasana Hati

      Cokelat juga mengandung senyawa phenylethylamine (PEA) yang dapat menimbulkan perasaan senang dan kemudian dikirim ke otak. Banyak orang yang sedang bad mood memutuskan untuk makan cokelat, dan hasilnya mood mereka berubah menjadi senang.

      Berat Badan Turun, Gigi Terlindung

      Menurunkan Berat Badan Bisa Melindungi Gigi


      Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika seseorang berhasil menurunkan berat badannya yang berlebih. Salah satu manfaat yang didapat adalah bisa melindungi gigi dari penyakit periodontitis.

      Salah satu penyebab orang dewasa kehilangan giginya adalah masalah periodontitis. Kondisi ini terjadi karena adanya plak yang terakumulasi di gigi dan mengembangbiakan bakteri sehingga kekebalan tubuh tidak mampu mengontrolnya.

      Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan seperempat hingga setengah orang dewasa memiliki periodontitis. Sedangkan obesitas diketahui berhubungan dengan peradangan sistemik. Tapi bisakah penurunan berat badan melindungi gigi?

      Sebuah review tahun 2011 yang dilaporkan dalam jurnal Obesity Review menganalisis sebanyak 33 studi untuk meneliti hubungan antara obesitas dan periodontitis. Diketahui sebanyak 30 studi menemukan adanya hubungan antara komposisi tubuh dan periodontitis.

      Seseorang yang diketahui memiliki kadar lemak tubuh yang lebih tinggi, maka ia lebih mungkin memiliki periodontitis bahkan pada kasus yang lebih parah atau kehilangan giginya, seperti dikutip dari MSNHealth, Kamis (8/12/2011).

      Berbagai studi berbeda yang dikumpulkan diketahui secara keseluruhan jika seseorang kelebihan berat badan atau obesitas maka ia memiliki kemungkinan 2 kali menderita periodontitis.

      Hal ini karena orang gemuk yang menurunkan berat badan menunjukkan pengurangan dalam semua peradangan yang diukur, dan kemungkinan juga mengurangi risiko gangguan gigi seperti periodontitis.

      Selain itu memiliki berat badan yang sehat juga bisa menjauhkan seseorang dari berbagai risiko penyakit seperti jantung, stroke, diabetes hingga kanker, asalkan metode yang dilakukannya benar dan tidak ekstrem.

      Monday, December 5, 2011

      SEPULUH KARAKTER SUAMI IDEAL

      Menjadi suami ideal, bisakah? Sudah lebih dari dua puluh tahun menjadi suami, namun saya merasa bukanlah suami ideal. Saya hanya selalu berusaha untuk menjadi baik dan menjadi lebih baik lagi setiap hari. Mungkin tidak akan pernah sampai ke taraf ideal, karena memang tidak mudah untuk mencapainya.

      Namun sebagai suami, saya tetap perlu memiliki peta yang jelas, seperti apa karakter ideal yang seharusnya saya miliki. Jika tidak memiliki peta ini, saya hanya berjalan melingkar-lingkar, menuruti ritme hidup dan rutinitas yang mekanistik. Setiap hari seperti itu saja, bersembunyi di balik ungkapan “terimalah aku apa adanya”, lalu kita merasa tidak perlu melakukan perbaikan dan perubahan apapun. Toh pasangan kita sudah menerima kita apa adanya.

      Pada kesempatan kali ini saya ingin meringkaskan tulisan tentang karakter suami ideal, dari pertama hingga kesepuluh.

      Karakter pertama, suami ideal memiliki kemampuan untuk senantiasa memiliki cinta dan kasih sayang dalam jiwanya. Mungkin istri kita terasa sangat menyebalkan, atau tampak sangat menjengkelkan dengan perkataan dan perbuatannya setiap hari. Para suami selalu memiliki catatan yang sama, bahwa istri mereka amat sangat cerewet. Terlalu banyak bicara, terlalu banyak komentar, dan suka memberi nasihat tanpa diminta. Namun sebagai suami, kita tidak layak mencaci maki, memarahi dan membenci istri.

      Jika tidak suka dengan perkataan atau perbuatannya, nasihati, ingatkan dengan kelembutan, dengan cinta dan kasih sayang. Jika melihat ada kekurangan pada dirinya, ingatlah Tuhan telah mengutus kita untuk mendampinginya, agar bisa menutupi kelemahan dan melengkapi kekurangan yang dimilikinya. Bukan mendamprat, memaki, apalagi sampai berlaku kasar dan menyakiti hati, perasaan dan badan istri. Selalu sediakan cinta dan kasih sayang untuk istri Anda.

      Karakter kedua, suami ideal mampu menundukkan egonya sehingga mudah mengalah, cepat mengakui kesalahan dan ada banyak maaf dalam dirinya. Apakah yang menghalangi seorang suami untuk meminta maaf kepada istrinya? Apakah yang menghalangi suami untuk bersikap mengalah ketika ada perselisihan pendapat dengan istri? Apakah yang menghalangi suami untuk mengakui kesalahan yang dilakukan? Apakah yang menghalangi suami untuk memaafkan kesalahan dan kekurangan istri?

      Itulah yang disebut dengan ego. Ada ego lelaki, ada ego perempuan. Dalam suatu pertengkaran antara suami istri, ego masing-masing memuncak tinggi. Tidak ada yang mau mengalah, tidak ada yang mendahului meminta maaf, tidak ada yang mau mengakui kesalahan. Padahal, dalam setiap konflik dan pertengkaran suami istri, selalu ada andil kesalahan dari kedua belah pihak. Keduanya mesti memiliki andil dalam menciptakan suasana konflik. Maka, tundukkan selalu ego Anda, untuk istri Anda tercinta, demi keharmonisan rumah tangga.

      Karakter ketiga, suami ideal mampu membahagiakan istri, dan merasa senang jika bisa membahagiakan istrinya. Jika kita mampu membahagiakan istri, maka akan sangat banyak yang bisa kita dapatkan darinya. Istri merasa nyaman dan tenang, sehingga kita sebagai suami akan lebih optimal dalam menunaikan berbagai macam kegiatan dalam kehidupan. Istri akan mendukung berbagai keinginan positif suami, selama ia merasa bahagia.

      Yang perlu diketahui para suami, membahagiakan istri itu bukanlah bab bagaimana memberikan semua yang diinginkan istri, namun bab bagaimana menyentuh perasaan dan hatinya. Inilah hakikat yang lebih utama dan penting. Para suami sangat penting mengetahui jalan untuk menyentuh hati dan perasaan istri, sehingga lebih bisa menyelami hal-hal apakah yang membahagiakan jiwanya, apakah yang menenteramkan hatinya, apakah yang sangat diharapkannya.

      Bahagiakan selalu istri Anda, dan lihatlah hasilnya, ia akan bersedia memberikan bantuan apapun yang Anda minta.

      Karakter keempat, suami ideal selalu fokus melihat sisi kebaikan dan kelebihan istri, serta cepat melupakan kekurangan istri. Sesungguhnyalah setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak ada manusia yang sempurna, dimana hanya memiliki kelebihan saja dan tidak memiliki kekurangan. Sebagaimana juga tidak ada manusia yang hanya memiliki kelemahan dan kekurangan saja, tanpa memiliki kebaikan dan kelebihan apapun.

      Semenjak awal pernikahan, seharusnya sudah ada kesadaran yang tertanam dalam diri suami dan istri, bahwa pasangan hidupnya bukanlah malaikat, bukanlah manusia super yang terbebas dari kelemahan. Para suami hendaknya menyadari, istri yang dinikahi itu hanyalah perempuan biasa saja, yang memiliki banyak kelemahan dan kekurangan. Untuk itulah Tuhan mengutus Anda untuk melengkapi kekurangannya, untuk memperbaiki sisi kelemahannya.

      Lupakan saja berbagai kekurangan dan kelemahannya, fokuslah melihat sisi kebaikan dan kelebihannya.

      Karakter kelima, suami ideal memiliki peta kasih yang lengkap terhadap istrinya. Peta kasih yang terperinci tentang pasangan akan memberikan banyak sekali kemanfaatan. Di antara manfaatnya adalah menumbuhsuburkan cinta dan kasih sayang, karena adanya rasa saling percaya. Dengan mengenal secara mendalam tentang berbagai kondisi pasangan, maka yang muncul adalah suasana saling percaya, dan tidak ada dusta atau curiga di antara mereka. Tidak ada sesuatu yang muncul secara tiba-tiba, karena setiap bentuk perubahan sekecil apapun telah mereka ketahui bersama.

      Cara yang paling sederhana untuk mengetahui detail perubahan dan perkembangan adalah dengan selalu mengobrol setiap saat, setiap waktu. Biasakan mengobrol, di setiap ada kesempatan, tanpa perlu membatasi atau menentukan tema-tema tertentu untuk diobrolkan. Dari A sampai Z, semua bisa diobrolkan oleh suami dan istri. Dengan cara mengobrol itulah berbagai hal bisa diketahui oleh pasangan. Suami menjadi mengerti pikiran istri, dan istri bisa mengerti pikiran suami.

      Karakter keenam, suami ideal selalu mendekat kepada istri, bukan menjauh. Jika Anda tengah marah kepada istri, atau menyimpan kekesalan kepada istri, apa yang Anda lakukan? Semakin mendekat kepada istri, atau semakin menjauh? Jika pada kondisi seperti itu Anda menuruti emosi, melontarkan kata-kata yang menyakitkan, menampakkan mimik muka merah, apalagi sampai menyakiti fisik istri, artinya Anda menjauh.

      Jika istri Anda tengah mengeluhkan sesuatu kepada Anda, bagaimanakah Anda merespon keluhannya? Jika Anda cepat mengkritik, bahkan cepat menyalahkan istri, itu pertanda Anda menjauh darinya. Anda tidak berusaha untuk mendekat dan menenteramkan hatinya, namun justru membuat garis pemisah yang semakin tajam antara Anda dengan istri Anda.

      Sebagai suami, teruslah berusaha mendekat istri, jangan menjauh. Saat istri tampak emosional dan marah-marah, dekatilah, peluklah, bisikkan kalimat mesra di telinganya. Jangan diimbangi dengan kemarahan, emosi dan apalagi kekerasan serta kekasaran sikap. Mendekatlah terus kepada istri, dan jangan menjauh.

      Karakter ketujuh, suami ideal memiliki keterampilan praktis kerumahtanggaan. Suami bukan hanya bekerja mencari nafkah untuk menghidupi anak dan istri, sehingga setelah di rumah merasa menjadi manusia bebas yang tidak memiliki tugas dan tanggung jawab apapun untuk dikerjakan. Sesampai di rumah langsung istirahat, bersantai atau tidur karena merasa sudah lelah dalam menjalankan kewajiban mencari nafkah. Seakan-akan semua pekerjaan praktis kerumahtanggaan dengan sendirinya menjadi kewajiban istri.

      Sesungguhnyalah pengerjaan kegiatan praktis kerumahtanggaan itu sangat fleksibel, tidak ada ketentuan baku tentangnya. Maka, lakukan musyawarah di rumah untuk membagi peran antara suami, istri, anak-anak, dan pembantu (jika memiliki pembantu rumah tangga). Lebih khusus lagi yang harus disepakati adalah peran suami dan istri di dalam rumah, agar tidak menimbulkan perasaan ketidakadilan.

      Bagilah peran secara berkeadilan, melalui proses musyawarah yang penuh suasana kasih sayang, bukan pemaksaan kehendak atau intimidasi. Semua untuk menjaga cinta dan kasih sayang dalam kehidupan keluarga.

      Karakter kedelapan, suami ideal memberikan kesempatan dan dorongan kepada istri untuk maju, berkembang dan berprestasi. Tidak layak bagi suami untuk menghambat kemajuan dan perkembangan potensi istri. Pernikahan bukanlah lembaga untuk mensterilkan berbagai potensi dan prestasi salah satu pihak. Justru dengan pernikahan itu akan semakin mengoptimalkan berbagai potensi kebaikan dari suami dan istri.

      Definisikan format prestasi, dan sepakati bersama dalam keluarga. Setelah ada kesepakatan, maka dukung dan doronglah istri untuk berprestasi. Rayakanlah setiap keberhasilan dan capaian prestasi suami dan istri, dalam suasana kehangatan cinta dan kasih sayang. Apabila suami mencapai peningkatan prestasi, itu karena dukungan dan dorongan istri serta anak-anak. Apabila istri mencapai puncak prestasi, itu karena dukungan dan dorongan suami serta anak-anak. Semua pihak merasa gembira, berbangga dan mampu merayakannya.

      Karakter kesembilan, suami ideal selalu tampak “young and fresh” di hadapan istri. Banyak suami yang menuntut istri dalam bentuk yang perfect, seperti harus selalu wangi, segar, harum, berdandan menarik, berpenampilan menyenangkan, dan lain sebagainya. Namun dirinya sendiri tampak tidak memperhatikan penampilan saat di rumah. Bau keringat yang menyengat, penampilan yang apa adanya, tidak menampakkan kerapian dan keserasian dalam berpakaian, menjadi sesuatu yang khas saat di rumah.

      Tidak layak semua tenaga, pikiran dan perhatian Anda habiskan di kantor dan di tempat berkegiatan di luar rumah. Sementara Anda pulang dengan membawa tenaga sisa, pikiran sisa, hati sisa, dan perhatian sisa. Cinta dan kasih sayang seperti apa yang Anda harapkan tumbuh berkembang di dalam kehidupan keluarga apabila semua dibangun di atas sisa-sisa?

      Jangan bawa beban masalah dari luar rumah masuk ke dalam rumah Anda. Sebanyak apapun rasa lelah Anda dari melaksanakan aktivitas seharian, pulanglah ke rumah dalam kondisi segar dan bergairah menemui istri serta anak-anak.

      Karakter kesepuluh, suami ideal selalu memperbarui motivasi dan menguatkan kembali makna ikatan dengan istri. Menikah, awalnya adalah sebuah akad, atau ikatan. Prosesi nikah yang sakral itu hakikatnya adalah sebuah ikrar dan perjanjian agung atas nama Tuhan, diresmikan oleh negara, disaksikan oleh orang tua, keluarga, kerabat, sahabat, tetangga dan sanak saudara. Sedemikian sakral prosesi pernikahan, tampak dari banyaknya pihak-pihak yang terlibat di dalamnya.

      Motivasi menikah adalah ibadah, bagian dari pelaksanaan aturan Ketuhanan, yang kemudian secara teknis administrasi diatur oleh negara. Sejak awal, motivasi ini telah diwujudkan dan dikokohkan dalam sebentuk ucapan atau ikrar, saat melaksanakan akad nikah di depan petugas pernikahan. Dalam perjalanan kehidupan berumah tangga, ikatan ini bisa mengendur dan melemah, maka harus selalu disegarkan dan dikuatkan.

      Demikianlah ringkasan keterangan sepuluh karakter suami ideal. Semoga ada manfaatnya untuk membawa kita menuju kondisi yang lebih baik.

      Puasa Sunnah

      Segala pujian yang terbaik hanya milik Alloh Ta’ala yang telah mensyariatkan bagi hamba-Nya ibadah-ibadah yang sunnah di samping ibadah yang wajib. Sehingga kaum muslimin mempunyai kesempatan yang amat banyak untuk menutupi dan menambal kekurangan yang ada pada ibadah-ibadah wajib. Dan juga sebagai simpanan yang dapat memperberat timbangan di hari kiamat kelak. Di antara ibadah sunnah yang disyariatkan oleh Alloh kepada umat ini adalah puasa sunnah.
      Adapun macam-macam puasa sunnah beserta keutamaannya masing-masing yaitu:

      1. Puasa enam hari di bulan Syawal, baik dilakukan secara berturutan ataupun tidak. Keutamaan puasa romadhon yang diiringi puasa Syawal ialah seperti orang yang berpuasa selama setahun (HR. Muslim).

      2. Puasa sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, yang dimaksud adalah puasa di sembilan hari yang pertama dari bulan ini, tidak termasuk hari yang ke-10. Karena hari ke-10 adlah hari raya kurban dan diharomkan untuk berpuasa.

      3. Puasa hari Arofah, yaitu puasa pada hari ke-9 bulan Dzuhijjah. Keutamaan: akan dihapuskan dosa-dosa pada tahun lalu dan dosa-dosa pada tahun yang akan datang (HR. Muslim). Yang dimaksud dengan dosa-dosa di sini adalah khusus untuk dosa-dosa kecil, karena dosa besar hanya bisa dihapus dengan jalan bertaubat.

      4. Puasa Muharrom, yaitu puasa pada bulan Muharrom terutama pada hari Assyuro’. Keutamaannya adalah bahwa puasa di bulan ini adalah puasa yang paling utama setelah puasa bulan Romadhon (HR. Bukhori)

      5. Puasa Assyuro’. Hari Assyuro’ adalah hari ke-10 dari bulan Muharrom. Nabi sholallohu ‘alaihi wasssalam memerintahkan umatnya untuk berpuasa pada hari Assyuro’ ini dan mengiringinya dengan puasa 1 hari sebelum atau sesudahnhya. Hal ini bertujuan untuk menyelisihi umat Yahudi dan Nasrani yang hanya berpuasa pada hari ke-10. Keutamaan: akan dihapus dosa-dosa (kecil) di tahun sebelumnya (HR. Muslim).

      6. Puasa Sya’ban. Disunnahkan memperbanyak puasa pada bulan Sya’ban. Keutamaan: bulan ini adalah bulan di mana semua amal diangkat kepada Robb semesta alam (HR. An-Nasa’i & Abu Daud, hasan).

      7. Puasa pada bulan Harom (bulan yang dihormati) yaitu bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharrom, dan Rojab. Dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah pada bulan-bulan tersebut termasuk ibadah puasa.

      8. Puasa Senin dan Kamis. Namun tidak ada kewajiban mengiringi puasa hari Senin dengan puasa hari Kamis atau sebaliknya. Keduanya merupakan hari di mana amal-amal hamba diangkat dan diperlihatkan kepada Alloh.

      9. Puasa tiga hari setiap bulan. Disunnahkan untuk melakukannya pada hari-hari putih (Ayyaamul Bidh) yaitu tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan. Sehingga tidaklah benar anggapan sebagian orang yang menganggap bahwa puasa pada harai putih adalah puasa dengan hanya memakan nasi putih, telur putih, air putih, dsb.

      10. Puasa Dawud, yaitu puasa sehari dan tidak puasa sehari. Keutamaannya adalah karena puasa ini adalah puasa yang paling disukai oleh Alloh (HR. Bukhori-Muslim).

      Demikianlah beberapa jenis puasa sunnah yang disyariatkan dalam agama ini. Kita memohon kepada Alloh agar diberikan rasa cinta dalam diri kita terhadap amalan yang dapat mendekatkan diri ini kepadaNya.

      Rasa Dalam Asa

      Seakan diri tak berdaya
      Merasakan rasa yang tak pernah ku rasa
      Serasa hati tak kuasa menahan
      Segala amarah yang tlah terpendam

      Beribu-ribu detik terlewati
      Hanya untuk menyimpan rasa ini
      Asa yang tak ingin pergi
      Berlarut-larut hilang dalam sunyi

      Kesedihan yang terus menghampiri
      Coba bertahan seorang diri
      Kesendirian yang tlah kujalani
      Takkan ada yang pernah menghargai diri

      Hati yang terlanjur perih
      Sulit 'tuk menerima semua ini
      Rasa yang terlanjur pergi
      Serasa tak mungkin 'tuk kembali

      Dirimu yang tlah menanam rasa
      Tapi terasa begitu lara
      Rasa yang tlah tercipta
      Kan abadi dan terus ada dalam asa

      @Copyright 2010

      Rasa Sakit

      Dalam ketermenungan hati 
      Kurasakan kepahitan hidup ini
      Serasa hidup tak berarti
      Menjalani kesakitan hati bertubi-tubi

      Cinta yang begitu saja pergi tanpa ku sadari
      Cinta yang tlah merusak ketenangan hati ini
      Seperti mawar yang penuh duri
      Menancap di dalam lubuk hati

      Sebegitu sakit rasa hati ini
      Yang tlah kau sakiti selama ini
      Penyesalan yang tak kunjung berakhir
      Ketika semuanya tlah terjadi

      Tetapi, cobaan hidup harus tetap ku hadapi
      Menerima semua kenyataan ini
      Tanpa menyadari luka yang sangatlah perih
      Kan ku coba melupakan semua ini

      @Copyright 2007

      Sunday, December 4, 2011

      Kerisauan Hati

      Hati terasa hampa 
      Ketika kau pergi menjauh
      Rasa sakit hati ini
      Takkan pernah terobati

      Sekian lama menunggu
      Tapi engkau tak datang jua
      Resah hati ini selalu
      Hingga kekecewaan ini terasa teramat dalam

      Dirimu kini tlah kembali
      Mencoba lagi mengetuk hati ini
      Namun apalah daya engkau mencoba
      Takkan ku buka hatiku untukmu

      Hingga aku menemukan seseorang
      Yang terbaik dalam hidupku
      Kini hidupku seperti merpati putih
      Yang akan terus terbang bersama pasangan sejati

      @Copyright 2007

      Kemenangan Hati

      Kala mentari pagi
      Yang seakan-akan membangunkanku di pagi hari
      Melewati hari-hari berseri
      Bersama seorang pasangan sejati

      Di kala aku sedih
      Kau seperti seekor merpati putih 
      Yang selalu menghibur hati
      Hingga kesedihan ini terobati

      Menapak hari-hari terindah
      Bersama dirimu kekasih hati
      Ku temukan sebuah kebahagiaan
      Yang takkan pernah terlupakan

      Sebuah perasaan yang terpendam
      Dalam hati selama ini
      Kau seolah peri kecil yang selalu terbang 
      Membawa kemenangan hati ini

      @Copyright 2007

      Penantian

      Dalam perasaan ini
      Tersimpan sesuatu yang sangat berarti
      Pelajaran berharga yang kudapatkan
      Takkan dapat kulupakan begitu saja

      Setiap tetes air mata
      Mengeluarkan makna yang begitu besar
      Pengorbanan yang kulakukan
      Sia-sia dan takkan dapat diartikan

      Dimanapun engkau kelak
      Ku takkan dapat melupakan
      Dalam situasi dan keadaan
      Dirimu kan selalu kuagungkan

      Tapi itu semua hanyalah hayalan belaka
      Yang takkan mungkin jadi kenyataan
      Dirimu kan selalu kunantikan
      Dalam setiap helai nafas dan tetes air mata

      @Copyright 2008

      Kenangan

      Dirimu kan selalu terasa
      Walau kau tak dekat denganku
      Angan-angan kan selalu muncul
      Bila kau teringatkanku

      Indah rasa cinta yang kumiliki
      Hingga cinta ini dapat kumengerti
      Engkau bagaikan permata putih
      Yang selalu berkilauan di lubuk hati ini

      Salam cinta selalu kusampaikan
      Lewat mata , hati dan perasan
      Kan kukenang dirimu selalu
      Walau engkau jauh dariku

      Takkan pernah putus asa cintaku padamu
      Walau diriku tlah temukan penggantimu
      Karena engkau kekasih hatiku
      Yang takkan pernah hilang dalam benakku

      @Copyright 2009

      Kerinduan

      Engkau seperti angin
      Yang setiap saat datang dan pergi
      Menyejukkan jiwa dan hati
      Meskipun engkau telah pergi

      Suatu pertemuan yang sangat berarti
      Hingga teringat dalam lamunan dan mimpi
      Hari-hari kan selalu berseri
      Bila kutemukan dirimu kembali

      Kerinduan kan selalu terasa di hati
      Dalam senang maupun sedih
      Engkau kan selalu yang terbaik
      Dalam kehidupan dan perasaan ini

      @Copyright 2008 


      Friday, December 2, 2011

      Tum yoo nai jai (Deep in My Heart)

      Kao Jirayu and Natasha Nauljam 
      Tum yoo nai jai (Deep in My Heart) ost. Suckseed

      nee keu tam nong haeng kwaam lang ra-waang rao
      this is the song of the story between us

      dai yin meua rai, ying neuk teung wan gao
      when I hear it, I still miss those days

      nern naan kae nai dtae playng nee kong rao,
      no matter how long it is,

      yang tum yoo nai jai
      our song is still deep in my heart

      ~~

      playng haeng kwaam rak tee ter rong bpen yaang rai?
      what is your love song that you sing today?

      wan tee ngiap ngao ter ja kit teung playng kong krai?
      whose song will you be thingking of in the day without me?

      dtang dtae jaak gan, wan nee ter bpen ngai?
      from the day we separated, how are you doing now?

      ~
      chan yaak ja roo. meua naa-li-gaa man mai koie kee giat
      I want to know. since the clock never stop moving

      dern lae wan way-laa tam hai tuk tuk sing.
      and the time also change everything.

      bplian bpai dtae kwaam song jam dee-dee tuk yaang yang kong gep wai.
      but I still keep those good moment in my heart.

      Reff:
      yang kong mee dtae ter meuan derm mai koie bplian.
      I still have you and that would never change.

      yang mee dtae ter meuan derm mai koie bplian bpai.
      I still got you and I won't change it.

      ying way-laa aang waang tee rai, nai jai gor ying hoi haa.
      especially when my heart is empty, I miss you even more.

      yang kong mee bot playng kong rao meua wan waan.
      I still remember the song that we wrote that day.

      dai yin meua rai, hua jai yang bpen yaang nee.
      when I hear it, my heart always call you.

      hai way-laa man mun bpai naan bpen bpee,
      even the time pass more than a year,

      dtae playng nee yang tum nai jai
      but this song will always be in my heart

      ~~

      wan tee kwaam fan man mai hen bpen yaang jai
      when things don't seem to be as I wish

      gra jert gra-jerng pit pit pian pian gan bpai yai
      when things mess up and turn so bad

      piang dtae yaang noi chan gor yang cheun jai.
      I'm still happy that I have you.

      ~
      tee koie mee ter meua naa-li-gaa man mai koie kee giat.
      since the clock never stop moving.

      dern lae wan way-laa tam hai tuk tuk sing.
      and the time also change everything.

      bplian bpai dtae kwaam song jam dee-dee tuk yaang yang kong gep wai.
      but I still keep those good moment in my heart.

      Reff:
      yang kong mee dtae ter meuan derm mai koie bplian.
      I still have you and that would never change.

      yang mee dtae ter meuan derm mai koie bplian bpai.
      I still got you and I won't change it.

      ying way-laa aang waang tee rai, nai jai gor ying hoi haa.
      especially when my heart is empty, I miss you even more.

      yang kong mee bot playng kong rao meua wan waan.
      I still remember the song that we wrote that day.

      dai yin meua rai, hua jai yang bpen yaang nee.
      when I hear it, my heart always call you.

      hai way-laa man mun bpai naan bpen bpee,
      even the time pass more than a year,

      dtae playng nee yang tum nai jai
      but this song will always be in my heart

      ~
      dtor hai rao mai pop mai jer bpen bpee,
      even the time pass more than a year,

      dtae playng nee yang tum nai jai
      but this song will always be in my heart


      video : http://www.youtube.com/watch?v=3ViNq9s_7DY

      Wednesday, November 30, 2011

      Kenapa perempuan lebih mudah tersingung?

      Perempuan dikenal sebagai mahluk yang paling mudah tersinggung, susah menahan marah atau moody. Konon katanya perempuan memang di takdirkan seperti itu. Tetapi hal ini terpatahkan karena ada juga perempuan yang sangant rasional dan tidak gampang moody. Apa sebabnya perempuan lebih mudah tersinggung atau moody??????

      Kondisi ini ternyata di pengaruhi oleh otak perempuan yang memungkinkan ia lebih mudah mengalami depresi, stress dan perubahan suasana hati. Perempuan memang lebih mungkin untuk mengalami depresi atau setidaknya lebih mudah stress di bandingkan laki-laki. Studi menemukan sekitar 1 dari 4 perempuan yang di laporkan mengalami depresi sedangkan laki-laki sekitar 1 dari 10 orng.

      Para ilmuan dari University of Montreal mengungkapkan bahwa otak perempuan menghasilkan hormon serotonim (hormon bahagia) yang lebih sedikit di bandingkan laki-laki. Diketahui otak laki-laki memproduksi serotonim 52 persen lebih banyak di bandingkan perempuan.

      Kondisi ini terkait dengan adanya perbedaan pada hormon seks laki-laki dan perempuan. Pada perempuan hormon estrogen dan progestron telah lama di kenal bisa mempengaruhi perilaku seseorang. Estrogen memilki efek yang lebih besar pada perempuan karena tingkat fluktuatif hormonnya

      Estrogen bisa meransang reseptor serotonin di otak. Ketika kadar hormon berfluktuasi. Maka sensitifitas serotonim di otak juga mengalami perubahan sehingga jumlah hormon yang di perlukan bisa jadi tidak mencukupi . kondisi ini pula yang membuat perempuan moody saat menjelang masa menstruasinya.

      Seiring waktu kondisi ini bisa mempengaruhi kemapuan otak dan kelenjar adrenal untuk mengatur suasana hati dan seksualitas. Serta perempuan memang diketahui lebih mudah mengalami stress dan trauma selam hidupnya

      Beberapa hal lain juga bisa di duga menguras jumlah serotonim yang ada di otak seperti stress, pola makan yang buruk kurang olah raga serta kurang terkena sinar matahari

      Jenis makanan tertentu diketahui bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik seperti mengkonsumsi protein tinggi triptofan (asam amino yang berfungsi memproduksi serotonim) seperti keju atau kalkin serta tidak mengurangi asupan kalori

      Selain itu bisa juga dengan cara mengkonsumsi karbohidrat yang merangsang pelepasan insulin sehingga memungkinkan lebih banyak tritofan masuk ke dalam otak. Beberapa ahli merekomendasikan konsumsi kentang penggang polos sebelum tidur

      5 Cara Hindari Ledakan Amarah

      Coba trik ini untuk mengurangi kadar emosi yang sedang tinggi.

      Mengumpat di jalan penuh emosi, membanting telepon atau meneriaki orang lain, bisa saja terjadi pada Anda saat tak amarah sudah tak tertahankan. Hal ini sebaiknya harus dikurangi atau dihindari.

      Anda harus bisa menguasai emosi. Tentunya agar tidak merugikan diri sendiri dan menyakiti orang lain. Menurut  Raymond W. Novaco, PhD, dari University of California, yang juga penemu terminologi ‘anger management’ pada 1975, amarah seseorang bisa meledak tiga hingga empat kali tiap minggunya.

      Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui bagaimana meredakan emosi secara cepat. Coba saja lima cara ini, yang dilansir dari Oprah.com.

      1. Katakan secara verbal
        Menurut Novaco, katakan saja kalau Anda sedang sangat emosi. Tetapi bukan dengan umpatan. Misalnya, “Saya sedang sangat kesal dan ini mengaburkan penilaian saya”.

      2. Jangan tunggu untuk menarik napas
        “Setiap dari kita memiliki ambang kemarahan yang unik berdasarkan bahan kimia alami pada otak, seperti serotonin,” kata Emil Coccaro, MD, ketua departemen psikiatri di University of Chicago.

        Kondisi emosi bisa sangat tergantung  kadar serotonin tersebut. Olahraga teratur dan praktek relaksasi dapat membantu Anda menurunkan tingkat emosi.

        Salah satu praktek relaksasi adalah dengan segera menarik napas dalam-dalam ketika Anda merasa sangat emosi. Jangan biarkan Anda menahan amarah hingga dada terasa sakit.  Bayangkan napas masuk dan keluar melalui jantung, sambil berpikir tentang sesuatu yang baik dalam hidup Anda.

      3. Puji diri sendiri
        Akar dari amarah bisa jadi adalah keraguan terhadap diri sendiri dalam hal menyelesaikan masalah. Ini membuat seseorang tidak percaya diri dan mudah emosi. Jadi, jangan segan memuji diri sendiri, misalnya “Aku hebat dan ini bisa diatasi”, atau “Aku pasti bisa menyelesaikan semuanya”. Ini seperti memotivasi diri agar lebih berpikir positif.

      4. Berpikir sesuatu yang lucu
        Jika kepala mulai terasa panas, atau emosi sudah meninggi, pikirkanlah sesuatu yang lucu. Ini bisa jadi trik mudah dan cepat mengurangi kadar emosi. Akan lebih baik jika Anda bisa tertawa saat memikirkannya.

      5. Bersihkan pikiran
        Saat pikiran Anda berisi hal-hal yang penuh prasangka, kekesalan, dan amarah, bersihkanlah dengan trik ‘quick mental note’ . Misalnya jika terjebak dalam kemacetan, Anda pasti berpikir “Menyebalkan”, lalu segera berpikir “Bagaimana kalau aku cari tempat makan terdekat”.

      Memakilah dengan Kata Halus

      Memakilah dengan Kata Halus Agar Orang Tak Stres

      Secara tidak disadari orang seringkali mengumpat untuk meluapkan emosi, entah itu emosi marah, sedih atau bahkan gembira. Namun hati-hati bila ingin meluapkan emosi pilihlah kata-kata yang lebih halus agar orang yang dimaki tidak stres, dari pada mengucapkan bodoh bisa diganti dengan tidak pintar.

      Penelitian baru-baru ini menunjukkan kata makian yang negatif dapat menimbulkan respon stres, bahkan ketika itu dilakukan orang secara tidak sengaja.

      Penelitian ini melihat reaksi orang terhadap kata-kata makian dibandingkan dengan eufismisme (ungkapan yang lebih halus) dengan makna kata yang sama.

      Reaksi emosional yang muncul dari kata-kata makian tersebut diakibatkan dari kata-kata yang diucapkan, bukan dari makna yang disampaikan. Itulah kenapa anak-anak dapat mengingat reaksi orangtuanya ketika mengumpat dengan kata-kata kotor sebelum mengerti apa arti kata-kata itu.

      “Segala macam emosi berhubungan dengan kata-kata makian, seiring orang itu tumbuh menjadi dewasa,” kata peneliti, Jeff Bowers dari University of Bristol.

      Bowers menghubungkan relawan dengan mesin yang akan mengukur tingkat stres dengan cara mengukur banyaknya keringat. Bowers kemudian meminta relawan mengatakan kata-kata makian dan kata-kata eufemisme (ungkapan yang lebih halus) dengan suara keras.

      Semua relawan yang terlibat dalam penelitian sangat memahami prosedur penelitian dan seharusnya tidak tersinggung karena sudah diberitahu.

      Tapi yang terjadi relawan menunjukkan tingkat stres yang lebih tinggi ketika diminta untuk mengumpat kata-kata kotor daripada ketika diminta untuk mengucapkan kata-kata yang artinya sama tapi dalam bahasa halus (eufemisme).

      Bowers mengatakan bahwa perbedaan kadar stres antara kata-kata makian dan eufemisme menunjukkan bahwa manusia tidak hanya menanggapi makna kata dalam makian. Meski maknanya sama, namun karena kata makian lebih berkonotasi negatif orang jadi mudah tersinggung.

      “Dalam pandangan kami, eufemisme lebih efektif karena mengganti kata-kata yang menyinggung perasaan dengan kata lain yang mirip secara konseptual. Jika orang merasa tidak nyaman dengan kata-kata tertentu, mereka akan berupaya untuk tidak mengucapkannya, termasuk tidak akan ikut dalam diskusi tentang topik tersebut sama sekali,” kata Bowers.

      Kajian Bowers ini menyoroti bagaimana dua kata yang memiliki arti sama dapat memancing respons yang berbeda. “Dalam hal hubungan antar manusia, perbedaan yang halus saja dapat membuat segala perbedaan di dunia,”

      Berapa Nilainya Jiwa Anda?

      Cobalah renungkan oleh akal sehat anda, apakah anda bersedia sekedar hanya untuk melindungi dua ekor ayam, tetapi dilain pihak harus mengorbankan ribuan ekor ayam-ayam lainnya. Secara itung-itungan matematika ini sudah tidak logis dan tidak masuk diakal, tetapi hal inilah yang terjadi dan dilakukan oleh pihak Israel. Israel ingin melindungi dua jiwa warganya untuk ini mereka tanpa ragu-ragu bersedia mengorbankan ribuan jiwa lainnya dalam perang Libanon. Kebalikannya ketika jaman Hitler jiwa orang Yahudi itu tidak bernilai sama sekali, bahkan jutaan jiwa mereka diambil dengan cara begitu saja seperti layaknya membabat rumput.
      Begitu juga untuk hilangnya satu jiwa tentara Amerika entah itu di Vietnam,Irak ataupun Afganistan mereka akan menagih puluhan sampai ribuan jiwa lain sebagai penggantinya. Oleh sebab itulah apakah salah apabila saya mengambil kesimpulan seakan-akan jiwa dari orang Amerika atau Israel itu ada jauh lebih berharga daripada jiwa-jiwa manusia lainnya? Rupanya dimata mereka itu, kalau dibandingkan dengan jiwa bangsa lainnya, tidak ada nilainya, sama seperti juga jiwa nyamuk atau laler begitu.
      Jiwa siapa yang lebih bernilai jiwanya Amrozi ataukah jiwanya Tibo. Jiwanya Paus ataukah jiwanya Osama bin Laden. Kalau dilihat dari segi nilai uangnya, maka jiwanya Osama Bin Laden jauh lebih bernilai, buktinya Amerika bersedia untuk membayar puluhan juta AS Dollar untuk mendapatkan jiwanya dari Osama bin Laden.
      Seperti juga pepatah: “Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya atau lain negara lain pula nilai jiwanya.” Lihat saja di Indonesia sekarang ini jiwa rakyatnya itu hampir tidak ada nilainya, sebab dalam kebanyakan kasus nilai jiwa rakyat Indonesia itu dianggap hanya sekedar angka atau nomor saja. Entah rakyatnya meninggal ratusan atau ribuan pemerintah tidak pernah mau gubris atau ambil pusing, misalnya dalam kasus Lapindo maupun dalam kasus-kasus pencemaran lingkungan lainnya. Mereka lebih mementingkan jiwa dari seorang menteri atau konglomerat daripada puluh ribu jiwa rakyatnya.
      Bagaimana caranya menilai jiwa seseorang? Jelas jiwa wong cilik itu nilainya sangat murah sekali, masalahnya mana yang mau mengeluarkan uang puluhan sampai ratusan juta khusus untuk melindungi atau mempertahan jiwa dari wong cilik. Beda dengan jiwa dari pejabat ataupun para wong sugih. Lihat saja jiwa Soeharto berapapun biayanya mereka akan usahakan agar tetap bisa dipertahankan terus.
      Ketika Ibu Tien jiwanya melayang, seluruh rakyat Indonesia berkabung selama tujuh hari tujuh malam, apakah hal yang sama akan terjadi apabila Soeharto meninggal belum tentu?
      Apakah jiwa seorang itu dinilai berdasarkan status, jabatan maupun kekayaan dari si pemilik jiwa? Saya yakin demikian, sebab berapa banyak dana, waktu maupun personal yang disediakan untuk melindungi jiwanya dari President Bush, beda dengan jiwanya mang Ucup yang nilainya tidak lebih daripada nilainya jiwa si Bleki anjing tetangga, kojor tidak kojor ya podo wae begitu.
      Menurut segi pandangan agama jiwa setiap orang itu sangat berharga dipandangan Sang Pencipta, tetapi kebalikannya apabila jiwa manusia itu begitu berharga, kenapa Ia mengirim bencana alam untuk mencabut jutaan jiwa umat-Nya?
      Setiap orang dapat menentukan nilai jiwanya melalui usuransi jiwa. Siapa saja berhak dan boleh menilai, bahwa jiwanya itu jauh lebih tinggi maupun lebih berharga daripada jiwa yang lain. Hanya sayangnya satu kenyataan pahit yang kita harus terima entah itu si Bush atau si Ucup jiwa kita itu tidak bernilai sama sekali, karena pada suatu saat akan ia akan pergi menghilang wuuu.usss-Gone with the wind en never kam bek, alias minggat buron begitu saja meninggalkan jasad kita.
      Kita tidak akan bisa menilai jiwa kita, sebab jiwa ini bukannya milik kita, melainkan hanya sekedar pinjaman saja dari sang Pencipta
      Pada saat jiwa anda meninggalkan tubuh anda, anda ini tidak akan ada nilainya lagi; selain “seonggok daging”. Tubuh anda yang diam dan terbujur kaku, akan dibawa ke kamar mayat. Di sana, ia akan dimandikan untuk terakhir kalinya. Segera setelah anda dimakamkan, maka bakteri-bakteri dan serangga-serangga berkembang biak pada mayat tersebut. Manusia yang tadinya wong cantik, wong pinter, wong kaya akhirnya menjadi “seonggokkan daging busuk dan tulang” yang tak dapat dikenali lagi. Ia akan mengalami akhir yang menjijikkan. Itulah nilainya diri anda dan saya.
      Banyak orang yang ngotot pada saat jiwanya mo diambil oleh Sang Pemiliki,kita ngambek, bahkan berusaha dengan berbagai macam cara untuk mempertahankannya, entah melelalui dukun, mukjizat ataupun pergi ke spesialist yang paling canggih di luar negeri. Ini sama seperti kalau kita pinjam buku dari taman bacaan, pada saat waktunya sudah usai maka wajarlah kalau ditagih oleh sipemilik. Kalau tidak mau mengembalikannya dengan alasan apapun juga otomatis kita harus bayar bute. Begitu juga dengan jiwa kita, kalau kita tidak mau mengembalikannya, mungkin kita akan dikenakan sangsi, dimana badan kita jadi lumpuh, alias mati tidak hidup pun tidak.
      Apakah anda mempunyai pandangan beda dari mang Ucup ?

      Yuk, Belajar Optimis

      Optimisme akan membantu Anda merasa lebih bahagia dalam menjalani hidup.

      Menjadi seseorang yang optimis, menurut studi, bisa menghantar seseorang merasa lebih bahagia. Ternyata, studi ilmiah mengatakan, optimisme bisa dilatih. Begini yang disarankan O Magazine:

      Bermain dengan Interpersonal
      Jika Anda tersenyum kepada seseorang, ia akan tersenyum kembali. Jika Anda cemberut atau marah-marah, orang itu juga akan berlaku serupa. Riset menunjukkan bahwa ekspresi wajah dan perasaan yang terkait di dalamnya bisa menular, mungkin karena hal itu berevolusi sebagai bahasa nonverbal di antara manusia. Anda bisa menggunakan efek menular ini dengan cara tersenyum kepada orang lain dan menambahkan optimisme dalam diri Anda sendiri.

      Korsleting Pesimisme
      Seseorang yang memasang wajah bahagia juga bisa memengaruhi otaknya sendiri dengan cara yang positif. Dalam sebuah studi, subyek yang diminta menahan pulpen pada mulut (pose ini membuat kita membentuk wajah seperti orang tersenyum), merating kartun lebih lucu meski mereka tak menyadari bahwa pose ini yang mendorongnya bereaksi seperti ini. Ada alasan biologis atas efek ini, saat Anda merasa sedih, sel otak mengatakan wajah Anda untuk terlihat sedih, dan otot wajah Anda merespon dengan memasang ekspresi depresi akan mengatakan kembali pada otak, ya saya sedang sedih. Secara sadar mengubah otot wajah menjadi tersenyum saat perasaan sedih ternyata bisa mengubah perasaan, lho.

      Optimis Menghadapi Sukses dan Kegagalan
      Riset menunjukkan bahwa bukan apa yang terjadi yang menentukan mood, tetapi bagaimana Anda menerangkan apa yang terjadi yang punya pengaruh besar terhadap diri sendiri. Jika seseorang yang optimistis menemukan masalah pada program komputer dan ia tak bisa mengerti apa yang salah, ia akan berpikir, “Entah masalahnya ada pada petunjuk manual, atau memang program ini sulit, atau memang hari ini yang kurang bagus.” Para optimis akan melihat kegagalan di luar dirinya, contoh tadi; “petunjuk manual”, “programnya”, atau “hari yang kurang bagus”. Sementara orang yang pesimistis akan melihat sesuatu dari sisi internal diri, global, dan permanen. Untuk menghadapi kesuksesan, seseorang yang optimis akan melihatnya dengan, “Tentu makan malamnya sukses, saya koki yang bagus,” sementara orang yang pesimis akan melihatnya, “Wah, saya sedang beruntung,” ia secara terang-terangan mengaku kalah dari kesuksesan. Jika Anda mulai bicara kepada diri sendiri dengan cara yang positif baik susah maupun sukses, secara perlahan, Anda akan mulai jadi orang yang optimis, tapi hati-hati terlihat sombong, ya.

      Mensabotase Hal Baik
      Sangat mudah untuk merasa iri. Membandingkan diri dengan mereka yang memiliki paha ramping atau rekening bank yang membludak hanya akan membuat Anda merasa tidak pernah cukup, selalu kekurangan, dan pesimis. Seberapa buruk keadaan, akan selalu ada orang yang mendapatkan perasaan yang lebih parah. Dalam sebuah studi sederhana, responden dibagi dalam 2 grup. Grup pertama diminta menyelesaikan kalimat, “Seandainya saya …” dan grup lain diminta menyelesaikan kalimat, “Saya bersyukur saya bukan seorang …” Ketika para responden diminta meratifikasi rasa kepuasan dengan hidup mereka sebelum dan sesudah tugas ini, mereka yang mengisi kalimat kedua merasa lebih bahagia ketimbang sebelumnya.

      Belajar Mengalihkan Fokus
      Orang yang pesimistis tak bisa berhenti mendepresikan fakta atau memikirkan hal-hal yang negatif, tetapi mereka bisa memilih untuk tidak tenggelam di dalamnya. Jika Anda melihat lewat lensa kamera, Anda akan melihat bahwa saat satu hal sedang berada dalam fokus, satu lainnya berada dalam kondisi buram. Ini merupakan sebuah distorsi, memang, tetapi kadang kita butuh distorsi untuk melihat sesuatu dalam perspektif berbeda. Mengarahkan diri ke hal yang lain akan membantu Anda menciptakan sebuah cerita alur hidup yang berbeda, hidup yang membuat Anda mampu mengkontrol emosi dan aksi Anda. Karena para periset menunjukkan bahwa mereka yang merasa memiliki kontrol atas diri cenderung lebih optimistis, lalu mengapa Anda tidak mengambil alih ketika Anda tahu Anda bisa mengubah lensa fokus hidup Anda?

      PERSAHABATAN

      Persahabatan tidak memerlukan basa-basi
      Wajah dipoles atau rayuan hati
      Persahabatan tidak berlebihan memberi pujian
      Persahabatan tidak memakai senyum dipermukaan

      Persahabatan mengikuti proses alami
      Menjauhi ajakan dan bujukan seni
      Dengan berani memisahkan kebenaran dari dusta
      Berbicara bahasa dari dalam hati saja

      Persahabatan tidak mengutamakan persyaratan
      Menolak semboyan picik dan sempit pandangan
      Dengan kasih sayang memenuhi maksud dan tujuan
      Dalam kata ataupun dalam perbuatan

      Persahabatan menyemangati yang lesu dan lelah
      Mengubah si penakut menjadi gagah
      Memperingatkan yang bersalah
      Menerangkan yang suram

      Persahabatan murni tidak mementingkan diri
      Sepanjang kehidupan kita yang diberi
      Menguatkan, meluaskan, memanjangkan, memelihara
      Hubungan antar manusia dengan manusia

      Hantu Cantik di Lift

      Kisah yang sangat menyeramkan dan mengerikan ini terjadi pada seorang staff laki-laki yang bekerja di lantai 12 Graha Elnusa Jl TB Simatupang Jak-Sel. Suatu malam (hari kamis malam jumat) beliau bekerja lembur dan terpaksa pulang agak larut malam sekitar jam 21:00 malam sendirian. Sampai di depan lift, dia pun tekan tombol untuk turun. Kemudian pintu lift terbuka tanpa ada siapa-siapa didalamnya. Dia masuk dan menekan tombol ‘B1′ untuk menuju Basement.

      Tetapi entah kenapa lift ini bukannya turun melainkan terus naik keatas. Lift berjalan terus hingga sampai ke lantai 16, berhenti dan terbuka. Ketika pintu lift terbuka, ada seorang wanita cantik jelita dan menawan sekali tersenyum manis dan masuk ke lift. Si Staff laki-laki tersebut merasa heran…..karena dia merasa tidak pernah melihat perempuan tersebut selama dia bekerja di gedung tersebut. Perempuan tersebut masuk dan berdiri di belakangnya. Sesaat kemudian tercium wangi bunga melati, maka Diapun bertanya-tanya dalam hatinya …siapa perempuan tersebut, dan kenapa sudah malam begini belum pulang kerumahnya, mau disapa terasa malu, jadi masing-masing saling terdiam.

      Dalam suasana hening dan sunyi itu, lift turun perlahan tingkat demi tingkat. Tapi ketika sampai pada lantai 10, tiba-tiba lampu lift padam dan lift berhenti. Seketika itu dia mencium aroma bau yang teramat busuk, yang mengganggu hidungnya. Dan bulu romanya tiba-tiba merinding. Diapun langsung berkeringat dingin dan ……. sebisa-bisanya membaca ayat-ayat suci yang terlintas dikepalanya sambil memberanikan diri dan perlahan-lahan menoleh kebelakang setelah lampu lift menyala. Dan apa yang …..dilihat….? Tiba-tiba saja, perempuan yang berada dibelakangnya tertawa malu…dan berkata:
      “Maaf ya Mas’, saya kentut ..” (ˇ_ˇ’!|)

      10 Karakter Pria yang Perlu Anda Cari

      Ia tahu kapan harus memprioritaskan Anda.

      Setiap orang tentu memiliki kriteria tersendiri dalam memilih pasangan. Misalnya, rambutnya harus rapi, baik, ngobrolnya nyambung, atau punya riwayat keluarga yang kembar (kan, sekarang lagi “tren” punya anak kembar). Oke, tapi hati-hati, bisa jadi itu hanya sifat-sifat yang hanya tampak di permukaan. Karakter itu hanya terlihat ketika Anda dan dia dalam keadaan happy. Padahal, pasangan serasi mana pun di dunia ini akan menghadapi masa-masa yang tidak menyenangkan juga.

      Karena itu, Anda perlu menguraikan lagi apa yang dimaksud dengan “baik” atau “perhatian” itu. Pastikan bahwa sifat-sifat yang tersembunyi itu pun mampu menjamin rasa aman pada Anda. 
      Berikut adalah hal-hal yang seharusnya Anda tuntut dari pria.

      Dewasa
      Menjalin hubungan seharusnya tidak hanya didasari oleh rasa cinta. Hubungan yang sehat akan terjadi bila Anda dan si dia sama-sama dewasa, dan siap dengan tanggung jawab yang datang dari cinta. Mendewasakan pria itu bukan tanggung jawab kita. Anda pun harus sadar bahwa Anda tidak perlu menjadi kekasihnya hanya untuk memperbaiki masalah emosi, psikologis, atau bahkan finansialnya. Si dia harus menyembuhkan dulu luka hatinya di masa lalu supaya ia mampu menghadapi tantangan baru dengan lebih percaya diri. Dalam hal ini tugas anda adalah mendukungnya.

      Bikin Anda merasa seksi
      Anda pasti kesal setengah mati, ketika Anda berusaha keras untuk tampil cantik, ternyata reaksi pasangan adem-ayem saja. Maka, ketika Anda sudah mengerahkan segala daya upaya, tugas para pria adalah menyampaikan bahwa yang Anda lakukan tidak sia-sia. Dari hal kecil seperti memuji pakaian baru yang tampak chic saat Anda kenakan, mengenali bahwa Anda baru trimming rambut, hingga mengingatkan betapa cantiknya Anda (meskipun Anda tidak melakukan perubahan apa pun).

      Selera humor
      Kita tahu bahwa tertawa adalah obat terbaik, dan menjadikannya sebagai dasar dari suatu hubungan akan memberikan kesehatan jiwa raga dalam jangka panjang. Maka, seorang pria bukan hanya harus bisa membuat Anda selalu tertawa, tetapi juga menghadapi segala masalah dengan senyum (hmm… berat, ya?). Hidup ini mungkin penuh dengan konflik, dan si dia harus bisa menjadi seseorang yang mampu mengubah perasaan Anda yang muram menjadi ceria lagi.

      Menjadikan Anda prioritas
      Betapa pun penuhnya jadwal suami dengan berbagai acara, Anda harus tetap menjadi prioritasnya. Misalnya, ia memilih untuk merayakan ulang tahun pernikahan dengan Anda meskipun ia diundang makan-makan oleh atasannya. Atau, ia bersedia pulang lebih awal untuk mendampingi Anda ke dokter kandungan, dan mengesampingkan dulu pekerjaannya. Saat itulah Anda tahu bahwa Anda bisa bergantung padanya untuk apa pun. Tidak berarti ia tidak boleh memiliki aktivitas bersama teman-temannya. Ia hanya perlu tahu kapan harus memprioritaskan hubungannya dengan Anda.

      Hubungan seks yang “hidup”
      Pria tidak pernah berkata “tidak” untuk seks? Ah, belum tentu juga. Ada kalanya ketika ia sedang dilanda stres atau sudah terlalu mengantuk, ia pun tidak akan memikirkannya. Namun, ketika ia dalam kondisi siap untuk bercinta, ia mau melakukan apa saja untuk menyenangkan Anda. Dari mendengarkan apa yang tidak Anda sukai saat berhubungan, hingga mencoba mewujudkan fantasi Anda. Kalau ia tipe pria yang tidak peduli dengan kenyamanan dan keinginan Anda saat bercinta, wow… lupakan saja.

      Bikin Anda kangen terus
      Ini penting, bagaimana caranya agar Anda masih selalu berbunga-bunga meskipun sudah lama menjalin hubungan dengannya. Ketika tidak bertemu selama seminggu karena ia harus dinas luar kota, mendadak Anda merasa perut Anda mulas, jantung berdebar-debar, dan Anda menyiapkan pakaian Anda yang terbaik untuk menyambutnya. Dia membuat Anda ingin selalu menggenggam tangannya, dan ketika mencium aroma khas tubuhnya, Anda tahu tidak ingin jauh-jauh darinya lagi.

      Kebebasan
      Kebebasan adalah indikator bahwa seorang pria memercayai Anda. Bentuk kebebasan itu bisa berbagai macam, seperti membebaskan Anda untuk travelling ke luar negeri hanya dengan teman-teman perempuan Anda, membebaskan Anda untuk mencoba karier baru, bahkan membebaskan Anda saat Anda ingin sendiri. Itulah saat ia menghargai dan memercayai segala keputusan Anda, dan memberikan Anda kesempatan untuk berkembang.

      Membiarkan Anda menjadi diri sendiri
      Apa pun kebiasaan Anda, cara berbusana Anda, dan kelemahan Anda, selalu dimengerti oleh pasangan. Anda tidak pernah merasa harus mengubah diri Anda menjadi seseorang yang dia inginkan. Anda menjadi satu paket yang ia butuhkan, dan pria yang baik pasti akan membuat Anda merasa nyaman dengan kekurangan Anda.

      Membuat Anda merasa aman
      Hubungan yang sehat pasti membuat Anda merasa aman, dan dicintai sebagaimana adanya Anda. Si dia mampu membuat Anda merasa menjadi the one sehingga Anda tahu ia akan kembali ke rumah meskipun ia baru saja bersenang-senang dengan rekan-rekan kerjanya yang sebagian di antaranya perempuan.

      Sabar, murah hati, dan perhatian
      Ketiganya merupakan satu paket kebaikan, di mana masing-masing memiliki nilai penting yang sama. Sabar, artinya ia bisa menghadapi konflik dengan tenang, dan memandang tantangan hidup sebagai peluang untuk belajar. Kemurahan hati akan pikiran, semangat, hati, kekayaan, waktu… membuatnya selalu ingin berbagi dengan Anda. Yang terpenting (bagi umumnya perempuan), pria selalu perhatian dengan perasaan, waktu, dan tujuan hidup Anda. Ia selalu perhatian mengenai keputusan-keputusannya yang mungkin akan memengaruhi Anda.
       

      catatansitomboy